Jumat, 29 Desember 2017

Pengertian Pantun, Ciri-Ciri Pantun, dan Jenis-Jenis Pantun

Pantun adalah salah satu bentuk dari puisi lama yang telah sangat dikenal Pulsa Via Paypal Murah dalam bahasa-bahasa di Nusantara. Kata pantun sendiri berasal dari kata patuntun yang dalam bahasa Minangkabau yang mempunyai arti "petuntun". Dalam bahasa Jawa sendiri pantun juga dikenal sebagai parikan, dalam bahasa Sunda, pantun dikenal sebagai paparikan, dan juga dalam bahasa yang lain yaitu bahasa Batak dikenal sebagai umpasa.

Pada umumnya pantun terdiri atas 4 larik alias empat baris, setiap baris terdiri dari 8 sampai 12 suku kata, bersajak akhiran dengan pola a-b-a-b alias a-a-a-a. Pantun pada awalnya adalah sastra lisan, tetapi pada kini ini telah tak sedikit dijumpai pantun yang tertulis. Arti pantun adalah sebuah karya yang bukan hanya mempunyai rima dan irama yang indah, tetapi pantun juga mempunyai makna yang sangat penting.

Pantun adalah salah satu karya yang bisa menghibur dan juga mendidik. Pantun adalah sebuahungkapan perasaan dan pikiran, sebab ungkapan tersebut disusun jadi membentuk sebuah rangkaian kata-kata yang luar biasa. Pantun juga mengindikasikan bahwa Indoensia mempunyai ciri khas tersendiri untuk mendidik dan memberi tau hal-hal yang berguna.

Pengertian Pantun

Ciri-Ciri Pantun


Pantun mempunyai bait, setiap bait pada pantun disusun baris–baris. Satu bait pantun terdiri atas 4 baris.
Setiap baris pada pantun terdiri dari 8 sampai 12 suku kata.
Setiap baris terdiri atas 4 sampai 6 kata.
Setiap bait pada pantun terdiri dari sampiran dan isi. Baris pertama dan kedua adalah sampiran, sedangkan pada baris ketiga dan keempat adalah isi. (Mesikipun sampiran bukan berhubungan langsung dengan isi yang bakal disampaikan, tetapi betapa baiknya apabila kata–kata pada sampiran adalah cerminan dari isi pantun yang hendak disampaikan)
Pantun bersajak a-b-a-b ataupun a-a-a-a
Catatan : kami wajib mengetahuii ciri-ciri pantun supaya bisa mengidentifikasi apakah itu pantun alias bukan. Tak sedikit orang yang menyebutkan bahwa tersedia pantun yang hanya mempunyai 2 baris. Tak ada pantun 2 baris, tetapi ada puisi lama yang mirip dengan pantun tetapi hanya mempunyai 2 baris saja yang disebut Gurindam. Berikut jenis-jenis pantun.
Ciri-Ciri Pantun
Jenis-Jenis Pantun
Jenis-Jenis Pantun
Berdasarkan siklus kenasiban alias usia :
Pantun anak-anak, yaitu sebuah pantun yang berhubungan dengan kenasiban masa kanak–kanak. Pantun anak-anak bisa bermakna suka cita ataupun duka cita.
Pantun orang muda, yaitu pantun yang tetap ada hubungannya dengan kenasiban masa muda. Pantun orang muda bermakna mengenai perkenalan, asmara, perasaan, dan lain sebagainya.
Pantun orang tua, yaitu pantun yang berhubungan dengan keadaan pada masa tua. Biasanya pantun ini mengulas mengenai kebudayaan, agama, nasihat, dan lain sebagainya.
Berdasarkan isinya :
Pantun jenaka, yaitu salah satu tipe pantun yang berisikan mengenai hal–hal yang lucu dan luar biasa.
Pantun nasihat, yaitu pantun yang berisikan mengenai nasihat. Pantun ini berfungsi untuk mendidik, dengan memberbagi beberapa nasihat mengenai moral, budi perkerti, dan lain sebagainya.
Pantun teka-teki, yaitu pantun yang berisikan teka teki dan biasanya pendengar diberi peluang untuk menjawab dari teka-teki pantun tersebut.
Pantun kiasan, yaitu salah satu tipe pantun yang berisikan mengenai kiasan yang biasanya berfungsi untuk memberi tau sebuahfaktor dengan cara tersirat.

Itulah pembahasan mengenai Pulsa Dan Paket Via Paypal arti pantun, ciri-ciri pantun, dan jenis-jenis pantun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar